Apakah Tisu Pembersih Vagina yang Beredar di Pasaran Aman Digunakan

Apakah Tisu Pembersih Vagina Yang Beredar Di Pasaran Aman Digunakan

Organ intim wanita atau yang disebut juga dengan vagina merupakan organ vital atau organ reproduksi yang sangat penting bagi wanita. Untuk itu, memang sudah seharusnya bila organ intim ini dijaga kebersihannya, supaya terhindar dari infeksi dan sejenisnya.

Perlu diketahui, faktanya memang pada organ ini salah satu penyakit atau keluhan yang sering terjadi adalah pertumbuhan jamur yang terlalu banyak. Terlebih pada organ intim yang jarang dibersihkan.

Dan salah satu cara yang sering dilakukan kebanyakan wanita saat ini adalah membersihkan vaginanya menggunakan tisu khusus untuk vagina (feminine wipes). Namun pertanyaannya,  apakah tisu khusus yang biasa dipakai untuk membersihkan vagina tersebut memang sudah benar – benar aman dan rekomendasi untuk digunakan, dilihat dari sisi medis?

Apakah tisu pembersih vagina aman digunakan?

Bagi wanita yang masih awam tentang feminine wipes, umumnya mereka akan menggunakan tisu bayi untuk membersihkan daerah intimnya. Memang, tisu bayi merupakan tisu yang bebas alkohol dan cukup lembut untuk daerah intim. Namun penggunaan tisu ini kurang tepat untuk vagina. Oleh sebab itu feminine wipes hadir sebagai solusi untuk para wanita mengatasi masalah ini.

Namun meski demikian, keamanan penggunaan feminine wipes juga masih tanda tanya. Pasalnya sama seperti tisu pada umumnya, feminine wipes juga masih memiliki kandungan bahan kimia yang memungkinkan terjadinya alergi atau bahkan infeksi karena kulit vagina merupakan kulit yang cukup sensitif.

Dilansir dari “Woman Voices”, sebuah survei dilakukan dengan memerhatikan dari 150 ulasan online mengenai feminine wipes. Ternyata, sebagian besar dari ulasan tersebut menganggap bahwa feminine wipes memiliki banyak efek negatif. Namun sayangnya belum ada penelitian untuk efek jangka panjang dari jenis tisu yang satu ini.

“Alyssa Dweck”, seorang asisten profesor ginekologi di Mt. Sinai School of Medicine juga menyatakan bahwa produk dengan efek ekstra higienis untuk vagina berisiko bekerja sebaliknya. Bahan – bahan kimia yang terkandung dalam produk semacam itu memungkinkan ketidakseimbangan antara bakteri normal dan sehat yang terdapat pada vagina. Akibatnya sistem pertahanan vagina terhadap penyakit menjadi terganggu dan vagina lebih rentan terkena infeksi, bau tak sedap, keputihan, dan penyakit – penyakit lainnya.

Bahan kimia dalam feminine wipes

Perlu diketahui, secara umum, bahan kimia yang terdapat pada feminine wipes ada dua jenis, di antaranya adalah :

  1. Pewangi

Sama seperti tisu pada umumnya, feminine wipes juga memiliki zat pewangi di dalamnya. Zat pewangi sendiri sebenarnya memiliki dampak buruk bagi kulit. Apalagi bagi kulit vagina yang notabene sangat sensitif. Oleh sebab itu penggunaan bahan pewangi pada feminine wipes sebenarnya bukanlah hal yang tepat.

  1. Pengawet

Bahan pengawet sangat lazim digunakan pada sebagian besar produk pabrikan termasuk feminine wipes. Bahan pengawet digunakan agar sebuah produk tidak ditumbuhi jamur dan zat perusak lain. Sayangnya tidak semua kulit tahan terhadap bahan pengawet. Beberapa di antaranya justru mengalami iritasi ketika terlalu sering memakai feminine wipes berbahan pengawet.

Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang keamanan menggunakan feminine wipes. Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan jika anda memiliki alergi terhadap bahan tertentu, sebaiknya hindari pemakaian feminine wipes dan cukup gunakan air bersih karena air bersih mampu membilas semua kotoran tanpa mengubah pH dari organ vital.

Kecuali jika memang kondisinya terpaksa, tidak ditemukan air bersih, maka tak ada salahnya menggunakan tisu ini (dengan catatan anda tidak memiliki alergi dengan bahan tersebut).

Magna RX

Official MagnaRX.id - Importir produk Magna RX+® 60 tablet, hubungi kontak tersedia untuk melakukan pemesanan. ☎ 0812-2660-0202 (KLIK DISINI untuk panggilan langsung) | ✉ 0812-2660-0202 (KLIK DISINI untuk obrolan melalui Whatsapp).