Ketahui Beragam Penyebab Seksomnia dan Cara untuk Mengatasinya

Salah satu penyakit gangguan tidur yang sangat ramai jadi bahan perbincangan adalah “Sleep Walking”. Banyak peneliti yang berusaha mencari tahu apa yang menjadi penyebab sleep walking, dan bagaimana cara menyembuhkannya.

Namun, belakangan ini dunia medis juga kembali dikejutkan dengan parasomnia terbaru yaitu “Seksomnia“. Pernah dengar istilah tersebut?

Nah, untuk lebih jelasnya terkait fenomena seksomnia tersebut serta penyebab dan cara mengatasinya, silakan simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Sekilas Mengenai Seksomnia

Seksomnia merupakan perilaku abnormal di mana seseorang dalam kondisi tidak sadar mengajak pasangannya atau bahkan orang yang tidak dia kenal untuk berhubungan seks.

Dalam beberapa kasus yang terjadi, setidaknya hanya 94 kasus seksomnia yang telah dilaporkan dan mendokumentasikan dari seluruh dunia. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa gangguan tidur jenis ini lebih sering dialami oleh pria dibandingkan wanita.

Oh, ya, seksomnia pun tidak hanya berakhir dengan hubungan seks, namun bisa juga hanya melakukan masturbasi. Masturbasi tersebut ada yang dilakukannya sendiri, ada pula yang memaksa orang lain untuk membantunya mencapai orgasme.

Jika seksomnia terus berlanjut, maka harus segera dikonsultasikan ke dokter, karena lambat laun bisa berkembang menjadi gangguan jiwa yang berbahaya.

7 Gejala Seksomnia

Nah, di bawah ini adalah beberapa gejala umum yang sering terjadi ketika seseorang mengalami seksomnia.

  1. Menggoda dengan nafas berat dan menggosok bagian sensitif yang dimilikinya sendiri atau pasangannya.
  2. Denyut nadi tidak terkontrol.
  3. Tiba-tiba menyodorkan panggul pada pasangan.
  4. Melakukan foreplay tanpa persetujuan.
  5. Mengalami orgasme secara spontan.
  6. Kurang responsif terhadap lingkungan luar.
  7. Berjalan sambil tidur dan berbicara.

8 Pemicu Munculnya Seksomnia

Seksomnia pada dasarnya terjadi karena adanya gangguan ketika otak bergerak di antara siklus tidur yang dalam. Nah, gangguan ini kerap kali disebut sebagai CAs (gairah kebingungan).

Tidak berbeda jauh dengan parasomnia tidur sambil berjalan, seksomnia pun dipicu oleh beberapa faktor. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa faktor pemicunya adalah:

  1. Kurang tidur
  2. Stress ringan atau stress berat.
  3. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan.
  4. Mengonsumsi obat-obatan terlarang.
  5. Tertekan dengan pekerjaan atau beban hidup yang sedang dihadapi.
  6. Kegelisahan akut.
  7. Kondisi tidur yang buruk. Misalnya tidak bisa lelap karena berisik atau panas.
  8. Kurangnya kebersihan.

Cara Pengobatan Seksomnia

  • Pengobatan seksomnia bisa melalui obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter. Namun, untuk penderita seksomnia yang ringan cukup dengan √ menghentikan pemicunya saja. Maka dari itu, sangat penting untuk berkonsultasi pada dokter supaya mengetahui seberapa parah seksomnia yang anda derita.
  • Jika seksomnia terjadi akibat terlalu berlebihan dalam mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang, maka pengobatan yang paling tepat adalah dengan segera √ menghentikan kebiasaan buruk tersebut, karena jika tidak, seksomnia pun bisa jadi lebih parah, dan merambat pada masalah × psikologi dan penyakit medis yang lainnya.
  • Sementara apabila seksomnia terjadi akibat dari penggunaan obat resep dari dokter karena si penderita sedang masa proses penyembuhan suatu penyakit, maka pengobatannya adalah dengan √ berhenti minum obat tersebut atau dengan cara mengganti dosisnya.

Di samping itu, solusi ampuh yang lainnya adalah dengan dengan selalu menjaga jadwal tidur anda supaya tetap sehat dan teratur. Banyak kasus seksomnia yang berhasil ditangani setelah seseorang tersebut mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dan konsisten.

Itulah tadi penjelasan tentang pengertian seksomnia, gejala, pemicu, dan cara mengobati yang tepat. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share kepada lainnya ya …

Official Magna RX :Official MagnaRX.id - Importir produk Magna RX+® 60 tablet, hubungi kontak di bawah ini untuk melakukan pemesanan. ☎ 0812-2660-0202 (KLIK DISINI untuk panggilan langsung) ✉ 0812-2660-0202 (KLIK DISINI untuk obrolan melalui Whatsapp)