Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Biasanya banyak sekali wanita yang baru menikah ingin cepat hamil dan untuk itulah, Anda harus mengetahui masa subur wanita yang paling baik.

Untuk dapat cepat memiliki keturunan, maka Anda harus mengetahui waktu bercinta yang tepat dan juga bisa menghitung masa subur sebab inilah salah satu faktor yang paling utama untuk dapat mempunyai keturunan tanpa menunggu lama.

Biasanya wanita seringkali mencatat masa periode datang bulan yang mereka rasakan.

Sebenarnya apa itu siklus haid?

Ini adalah rentang hari wanita mendapatkan datang bulan sejak hari pertama menuju berikutnya.

Ketahui Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Siklus yang paling normal untuk seorang wanita adalah setiap 21 hingga 35 hari.

Hari pertama siklus itu terjadi akan dihitung sebagai hari yang pertama wanita mengalami datang bulan. Ketika hari pertama datang, maka dinding rahim pun akan meluruh dan vagina mengeluarkan darah. Saat masa itu terjadi, maka sel telur pun akan berkembang di ovarioum dan ketika sudah matang, maka ovarioum pun melepaskan sel telur tadi dan ini disebut dengan “ovulasi“.

Ini bukanlah masa subur karena ovulasi akan terjadi sekitar 12 hingga 14 hari sejak sebelum datang bulan pertama kali muncul. Ovulasi ini pun juga sangat bergantung pada siklus datang bulan Anda panjang atau pendek. Bila siklusnya pendek seperti 22 hari saja, maka ovulasi pun hanya akan berakhir cepat dalam beberapa hari setelah datang bulan pun berakhir. Karenanya ovulasi ini tidak sama antara satu wanita dengan yang lain sebab masa subur wanita pun juga tidak sama. Sementara masa subur Anda pun akan terjadi selama masa ovulasi itu atau sekitarnya mungkin 5 hari tepat sebelum proses ovulasi itu terjadi.

Pada umumnya, waktu subur ini hanya terjadi sekitar 12 hingga 16 hari sebelum Anda mendapatkan datang bulan yang lain. Seringkali kebanyakan wanita akan mengalaminya mulai hari 10 hingga 17 hari tepat setelah datang bulan pun berakhir. Namun hal itu tidak berlaku ke semua.

Ini hanya berlaku untuk wanita yang memiliki siklus datang bulan yang teratur dalam 28 hari. Jika waktunya berbeda, maka Anda juga bisa menghitungnya sendiri. Akan tetapi, tantangan dalam mengetahui siklus maupun masa subur ini adalah waktu yang biasanya dimulai dari 2 hingga 7 hari. Ini juga dapat berpengaruh pada ovulasi apakah lambat atau cepat dibandingkan dengan periode yang sebelumnya.

Namun faktor penentu yang lainnya adalah sperma pasangan Anda dan juga bagaimana proses sperma ini bisa menjangkau sel telur. Supaya Anda pun bisa cepat memiliki keturunan, maka sel telur yang sudah matang ini harus segera dibuahi dalam waktu 24 jam maksimal.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Inilah waktu yang paling tepat untuk bisa membuahi sehingga bisa cepat hamil. Namun disini, Anda sebagai wanita harus mampu untuk mendeteksi sendiri kapan masa subur Anda dan kapan Anda merasa berada di kondisi yang paling subur.

Umumnya, ini dihitung sesuai dengan analisis maupun catatan siklus haid dan setidaknya, wanita akan melakukannya 8 bulan dan mencatat semuanya.

Pertama, Anda harus mengetahui siklus terpendek dari datang bulan Anda dan misalkan adalah 27 hari. Cobalah untuk mengurangi 27 dengan 18 sehingga hasilnya adalah 9. Ini merupakan hari pertama dimana Anda memiliki “kondisi yang paling subur”.

Ketahui pula siklus yang terpanjang.

Contohnya 30 hari dan kurangi dengan angka 11 sehingga hasilnya pun menjadi 19. Artinya ini merupakan hari terakhir dimana Anda akan “merasa paling subur”. Dengan demikian, bila siklus datang bulan diantara sekitar 27 hingga 30 hari, maka masa subur Anda akan terjadi mulai dari hari 9 hingga 19 saja. Cobalah untuk membicarakan hal ini dengan pasangan Anda.

Dengan mengetahui masa subur Anda, maka tidak perlu menunggu waktu lama lagi untuk bisa memiliki keturunan meskipun masih banyak hal yang akan mempengaruhi kehamilan Anda.

Pos ini terakhir diubah pada September 4, 2018 6:55 AM

Official Magna RX :Official MagnaRX.id - Importir produk Magna RX+® 60 tablet, hubungi kontak di bawah ini untuk melakukan pemesanan. ☎ 0812-2660-0202 (KLIK DISINI untuk panggilan langsung) ✉ 0812-2660-0202 (KLIK DISINI untuk obrolan melalui Whatsapp)