4 Cara Merawat Organ Intim Wanita yang Benar Supaya Selalu Sehat

Penting diketahui, menjaga kesehatan organ intim wanita adalah wajib, khususnya bagi kaum wanita. Dan memang faktanya, perawatan organ intim ini bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sehingga seringkali, banyak wanita yang akhirnya menjadi kurang peduli atau bahkan salah dalam merawatnya.

Lantas, seharusnya seperti apa langkah-langkah yang tepat dalam membersihkan organ intim wanita ini?

Nah, berikut telah kami rangkum pembahasan lengkapnya. Silahkan disimak.

Langkah-Langkah Perawatan Organ Intim Wanita yang Benar

Ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan agar proses perawatan organ intim wanita berjalan maksimal.

Nah, berikut beberapa diantaranya:

1. Membersihkan Bagian Alat Vital Dari Depan Ke Belakang

Mungkin anda sudah sering mendengar hal ini. Mungkin pernah tersbesit dalam pikiran anda, mengapa harus dari depan ke belakang? Kenapa tidak boleh dari sembarang arah?

Sebab, bila anda membersihkan organ intim dari sembarang arah, maka bisa menimbulkan infeksi bakteri. Hal ini karena bagian belakang organ intim wanita (anus) adalah area yang kotor dan banyak bakteri bersarang disitu. Sehingga jika kita membersihkan dari belakang ke depan maka bakteri yang ada di bagian anus bisa masuk kedalam vagina, yang mana hal ini tentunya memicu infeksi.

2. Harus Rutin Mengganti Pembalut

Bagi anda yang sedang menstruasi, tahukah anda idealnya berapa kali harus mengganti pembalut? Jangan-jangan anda hanya menggantinya ketika anda ingin mandi saja, tentunya jangan sampai seperti itu ya.

Saat menstruasi terjadi sangat disarankan untuk mengganti pembalut dengan segera, idealnya 3 sampai 4 jam sekali anda harus menggantinya. Hal ini karena saat anda menstruasi, pada daerah organ intim tersebut kondisinya sangat lembab, sehingga area tersebut merupakan sarang tumbuhnya bakteri. Jadi, jika anda malas dalam mengganti pembalut atau hanya diganti saat mandi saja, besar kemungkinan akan terkena infeksi jamur.

Biasanya, infeksi jamur yang sering dialami adalah infeksi jamur yang menyerang area selangkangan atau pada sekitar daerah organ intim yang terdapat luka. Dan bila anda mengalami hal ini, sebaiknya segera memeriksakan diri pada tenaga kesehatan terdekat. Sebab jika anda biarkan takutnya nanti bisa menyebar luas dan bisa menyebabkan hal yang lebih buruk .

3. Memperhatikan Bahan Celana Dalam yang Digunakan

Bagi anda yang suka mengenakan bahan celana dalam yang menyerap keringat, sebaiknya segera ganti celana dalam jenis tersebut. Selain itu, disarankan juga untuk memakai celana dalam yang ukurannya tepat/pas, jangan sampai kekecilan. Bisa juga memakai ukuran yang sedikit longgar, agar suhu sekitar selangkangan lebih dingin, guna meminimalisir adanya keringat yang bisa memicu bakteri.

4. Sebaiknya Tidak Menggunakan Apapun Dalam Membersihkan Organ Intim

Bagi anda yang suka menggunakan spons atau sabun dalam membersihkan organ intim, maka sebaiknya mulai sekarang jangan lakukan kebiasaan tersebut. Biasanya, pada spons tersebut ada kemungkinan terdapat bakteri yang bersarang dan tentunya hal ini bisa membuat anda terkena infeksi yang diakibatkan bakteri tersebut.

Dan bagi anda yang senang menggunakan panty liner, sebaiknya juga mulai untuk tidak membiasakan diri menggunakan panty liner. Hal ini dikarenakan jika anda keseringan menggunakan panty liner maka bakteri baik pada vagina akan mati, sehingga memicu terjadinya infeksi yang bisa masuk kedalam organ vagina anda.

Baca juga: Ciri Payudara Sehat dan Normal


Nah, diatas adalah beberapa saran yang bisa anda terapkan jika anda ingin merawat organ intim dengan baik.

Selamat mencoba dan semoga organ intim anda selalu dalam keadaan sehat.

Official Magna RX :Official MagnaRX.id - Importir produk Magna RX+® 60 tablet, hubungi kontak di bawah ini untuk melakukan pemesanan. ☎ 0812-2660-0202 (KLIK DISINI untuk panggilan langsung) ✉ 0812-2660-0202 (KLIK DISINI untuk obrolan melalui Whatsapp)

Situs web ini menggunakan cookie.